Minggu, 10 Agustus 2014

Apa itu Shiva Lingga?

Apa yang ada di balik Dewa Siwa yang digambarkan sebagai 'Lingga?' Kepercayaan populer adalah bahwa Shiva Linga atau lingam mewakili lingga, lambang kekuatan generatif di alam. Menurut Swami Sivananda, ini bukan hanya kesalahan serius, tetapi juga kesalahan serius.

Shiva Lingga: Simbol dari Shiva

Dalam bahasa Sansekerta, Lingga berarti 'tanda' atau simbol, yang menunjuk ke sebuah kesimpulan. Jadi Shiva Lingga adalah simbol Dewa Siwa - tanda yang mengingatkan Mahakuasa Tuhan, yang tidak berbentuk.
Shiva Linga berbicara kepada pemuja dalam bahasa jelas keheningan, dan hanya simbol lahiriah makhluk tak berbentuk, Dewa Siwa, yang adalah jiwa abadi duduk di bilik jantung Anda, yang di-penghuni Anda, terdalam Anda diri sendiri atau 'Atman, dan yang identik dengan tertinggi' Brahman. '

 

Lingga sebagai Simbol Penciptaan

Kitab suci kuno Lingga Purana mengatakan bahwa terpenting Lingga adalah tanpa bau, warna, rasa, dll, dan disebut sebagai 'Prakriti' atau Alam itu sendiri. Dalam periode pasca-Veda, Lingga menjadi simbolis dari kekuatan generatif Dewa Siwa.
Lingga seperti telur, dan merupakan 'Brahmanda' atau telur kosmik. Lingga menandakan bahwa penciptaan dipengaruhi oleh persatuan 'Prakriti' dan 'Purusha,' laki-laki dan kekuatan perempuan Nature. Lingga juga menandakan 'Satya,' 'Jnana' dan 'Ananta' - Kebenaran, pengetahuan dan Infinity.

3 Bagian dari Shiva Lingga

Sebuah Shiva Lingga terdiri dari tiga bagian, yang terendah dari yang disebut 'Brahma-Pitha,' yang di tengah, yang 'Vishnu-Pitha' dan yang paling penting, yang 'Shiva-Pitha.'

Paling suci Shiva Linga dari India

Ada 12 'Jyotir-lingga' dan 5 'Pancha-bhuta Linga' di India. Selusin Jyotir-lingga adalah: Kedarnath, Kashi Vishwanath, Somnath, Baijnath, Rameswar, Ghrusneswar, Bhimshankar, Mahakal, Mallikarjun, Amaleshwar, Nageshwar dan Tryambakeshwar. The 5 Pancha-bhuta Linga adalah: Kalahastishwar, Jambukeshwar, Arunachaleshwar, Ekambareshwar dari Kanjivaram dan Nataraja dari Chidambaram. Candi Tuhan Mahalinga di Tiruvidaimarudur dikenal juga sebagai Madhyarjuna dianggap sebagai candi Siwa besar India Selatan.

Kuarsa Shiva Linga

The 'Sphatika-lingga' terdiri dari kuarsa. Hal ini diresepkan untuk jenis terdalam pemujaan Dewa Siwa. Tidak memiliki warna sendiri, tetapi mengambil warna bahan yang datang dalam kontak dengan itu. Ini merupakan 'Nirguna Brahman' atau atribut-kurang Agung sendiri atau Shiva tak berbentuk.

Apa Sarana Lingga untuk Umat?

Ada kekuatan misterius atau tak terlukiskan atau 'Shakti' di Lingga, untuk menginduksi konsentrasi pikiran, dan membantu memfokuskan perhatian seseorang. Itulah sebabnya orang bijak kuno dan pelihat dari India diresepkan Lingga akan dipasang di kuil-kuil Dewa Siwa.
Untuk pemuja tulus, Lingga bukan hanya blok batu. Itu semua-bersinar - berbicara dengannya, dia mengangkat di atas tubuh-kesadaran, dan membantu untuk berkomunikasi dengan Tuhan. Lord Rama menyembah Shiva Linga di Rameshwaram. Rahwana, cendekiawan, menyembah Lingga emas bagi kekuatan mistik nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar