Kamis, 21 Agustus 2014

MAHA MRITYUNJAYA MANTRA - Sejarah dan Penjelasan



Dua mantra besar Veda adalah mantra Gayatri dan Maha Mrityunjaya Mantra. Gayatri mantra, dengan menciptakan getaran kuat, menghilangkan kesedihan yang lahir dari ketidaktahuan. Ini adalah doa yang universal yang memiliki kekuatan dan bermakna hubungan antara manusia yang terjerat dalam masalah duniawi dan Tuhan Yang Maha Agung.

Maha Mrityunjaya mantra dikenal sebagai Moksha mantra Dewa Siwa, untuk membangkitkan Shiva dalam hati dan menghilangkan rasa takut akan kematian, membebaskan salah satu dari siklus kematian dan kelahiran kembali .Ini adalah Kemenangan atas Maut/Kematian.



Gayatri mantra dalam Chandah Gayatri dan Mrityunjaya mantra di Anushtubh Chandah. Gayatri Chandah untuk bergabung dengan Tuhan dan wujud Tuhan sementara Anushtubh Chandah untuk mengikuti Tuhan. Anushtubh berarti 'mengikuti' dan mantra ini adalah untuk para pengikut setia.

Mantra ……


Om Tryambakam Yajaamahe Sugandhim Pushti Vardhanam /
Urvaarukamiva Bandhanaath Mrutyor Mukshiya Ma-Amritat //

Ini berarti bahwa....


"Marilah kita menyembah Shiva (Dia satu yang bermata tiga), yang suci (wangi) dan yang memelihara semua makhluk. Sama seperti mentimun matang secara otomatis dibebaskan dari keterikatannya dengan menjalar, mungkin kita akan dibebaskan dari kematian (tubuh kami yang fana dan kepribadian) dan diberikan (mewujudkan) alam keabadian kita. "

 

Penjelasan

Om, Kami menyembah Dewa Siwa yang bermata tiga, yang secara alami wangi, sangat penyayang dan yang merupakan pelindung para bhakta. Menyembah Dia mungkin kita akan dibebaskan dari kematian demi keabadian seperti mentimun matang dengan mudah memisahkan diri dari tangkai mengikat. Oleh Yang Mulia, biarkan aku berada dalam keadaan keselamatan (moksha) dan diselamatkan dari cengkeraman kematian yang menakutkan.

Pengaruh / Efek Mantra

Maha Mrityunjaya mantra adalah mantra yang dikatakan meremajakan, melimpahkan kesehatan, kekayaan, panjang umur, perdamaian, kemakmuran dan kepuasan. Mantra adalah teknik lama yang sudah berabad-abad, menghubungkan tiap umat untuk sampai pada kesadaran murni dan kebahagiaan.

Doa ini ditujukan untuk dewa Siwa. Dengan melantunkan mantra, getaran Tuhan yang dihasilkan yang menangkal semua kekuatan negatif dan jahat dan membuat perisai pelindung yang kuat. Dan dikatakan untuk melindungi orang yang mengucapkannya terhadap setiap jenis kecelakaan dan kemalangan . Ini adalah getaran yang berdenyut melalui setiap sel, setiap molekul tubuh kita dan merobek selubung ketidaktahuan. Ia membakar api dalam diri kita yang mengkonsumsi semua negativitas kita dan memurnikan seluruh sistem kami. Hal ini juga dikatakan memiliki penyembuhan yang kuat terhadap penyakit yang dinyatakan tidak dapat disembuhkan. Ini adalah mantra untuk menaklukkan kematian dan menghubungkan kita dengan ketuhanan batin kita sendiri.

Doa untuk Dewa Shiva

Mantra ini adalah doa kepada Dewa Siwa untuk membantu dalam mengatasi 'kematian'. Para pencari adalah lebih peduli dengan menghindari spiritual 'kematian' daripada fisik 'kematian'. Mantra ini adalah permintaan untuk dewa Siwa untuk memimpin kita ke gunung meditasi, yang memang tempat tinggal-Nya. Legenda mengatakan bahwa Dewa Siwa muncul di hadapan pemuja-Nya, Markandeya, (yang ditakdirkan untuk mati pada usia enam belas) dan berhenti proses nya penuaan beberapa hari sebelum dia seharusnya mengubah enam belas. Dengan demikian, kematian tidak akan pernah bisa mengklaim dia! Oleh karena itu, mantra ini juga disebut sebagai mantra Markandeya dalam studi Hindu klasik.

Hubungannya Dengan Sukracharya


Maha Mrityunjaya Mantra ini diajarkan oleh Dewa Siwa ke Shukracharya, pembimbing/guru dari setan/iblis, setelah ia berhasil dalam ujian yang mustahil menggantung terbalik dari sebuah pohon selama dua puluh tahun (periode vimsottari dasa) dengan asap bertiup ke dia dari api yang menyala di bawahnya. Bahkan Brihaspati terkejut pada kemungkinan seperti itu penebusan dosa yang mengerikan dan dengan tenang duduk untuk mengamati Shukracharya menerima tantangan Indra dan berhasil.

Sejak Shukracharya (Venus dalam astrologi) melewati penebusan dosa yang ia dimuliakan sebagai Tapasvi Raja (raja disiplin spiritual dan penebusan dosa). Definisi Tapaswi Yoga berasal dari penebusan dosa ini sebagai Saturnus (hukuman, kerja keras keras), Ketu (asap ditiupkan ke hidung dan bentuk-bentuk lain dari diri menimbulkan penyiksaan) dan Venus (keinginan dan penolakan nya) harus datang bersama-sama untuk menentukan kemampuan pribadi yang Tapaswi.

Setelah penebusan dosa, Dewa Shiva mengajarkan Maha Mantra ini ke Shukracharya, yang merupakan anak dari Brihaspati dan begitu juga para Dewa mendapat mantra ini. Mantra ini diberikan (Sruti) ke Vasistha Maharishi untuk kesejahteraan dunia. Mantra ini dan penjelasannya diberikan oleh Shukracharya kepada Rishi Dadhichi ketika tubuh Shukracharya yang terakhir dipotong dan dibuang oleh Raja Kshuva, tercatat dalam Shiva Purana.

Shukracharya berkata, "O! Dadhichi, saya berdoa kepada Dewa Siwa dan memberikan Anda upadesa (saran / kebijaksanaan / pengajaran) yang tertinggi Maha Mrityunjaya Mantra "

Nyanyian Suci


Maha Mantra ini ini sangat banyak pelindung untuk kecelakaan, kemalangan dan bencana harian di hari kesibukannya modern. Pembacaan Maha Mantra ini menciptakan getaran Tuhan yang menyembuhkan. Melantunkan Maha Mantra ini dengan ketulusan, keyakinan dan pengabdian di Brahma muhurta sangat bermanfaat. Tapi siapa saja juga bisa bernyanyi kapan saja di lingkungan murni dengan manfaat yang besar dan menemukan kebahagiaan yang sudah dalam. Mantra ini idealnya harus diulang 108 kali, dua kali sehari, pada pagi dan pada sore hari.

Ringkasan mantra


Kita menyembah Shiva - Dewa Bermata Tiga / Yang bermata Matahari, Bulan dan Fire / Yang harum dan memelihara semua makhluk / Semoga Dia melindungi kita dari segala penyakit, kemiskinan dan ketakutan / dan memberkati kita dengan kemakmuran, umur panjang dan kesehatan / Mungkin Dia membebaskan kita dari kematian / demi keabadian / Bagai mentimun matang secara otomatis dibebaskan / dari perbudakan dari menjalar ketika sepenuhnya matang /.

Penjelasan Maharishi Vasistha


Maharishi Vasistha memiliki penjelasan berikut untuk menawarkan tentang Maha Mrityunjaya mantra:
TRYAMBAKAM - mengacu pada tiga mata Dewa Siwa. 'Tri' berarti 'tiga' dan AMBAKAM berarti 'mata'. Ketiga mata atau sumber pencerahan adalah Trimurti atau tiga dewa utama, yaitu Brahma, Wisnu dan Siwa, dan tiga AMBA (juga berarti Ibu atau Shakti) adalah Saraswathi, Lakshmi dan Gouri. Jadi di dunia, kita mengacu kepada Tuhan sebagai Maha Mengetahui (Brahma), yg ada di mana-mana (Wisnu) dan Mahakuasa (Siwa). Ini adalah kebijaksanaan Brihaspati dan disebut sebagai Sri Dattatreya memiliki tiga kepala Brahma, Wisnu dan Siwa.


Penjelasan Dalam Anushthubh Chandah


Mantra berada dalam Anushthubh Chandah dan Oleh karena itu, dibagi menjadi empat paragraf terdiri dari delapan suku kata masing-masing ... 4 x 8 = 32 suku kata.

 

Paragraf Pertama.


Trayambakam Yejamahe .............

Trayambaka - adalah nama dari Dewa Siwa sebagai bapak tiga dunia - bhu, Bhuva dan svarga. Dia adalah ayah dan penguasa tiga mandala - Surya, Soma dan Agni mandala. Dia adalah Mahesvara, penguasa ketiga guna - Satva, Rajas dan Tamas. Dia adalah Sadashiva, guru dari tiga tatvas - Atma Tatva, Vidya Tatva dan Siwa Tatva. Dia adalah ayah (penyebab dan sumber) dari tiga energi (agni) - Arahaniya, Garhapatya dan Dakshinagni.

Dia adalah ayah dari semua ciptaan fisik melalui bhuta tiga murti - Pritvi (padat), Jala (cair) dan Tejas atau agni (energi). Dia adalah penguasa dari tiga langit yang diciptakan oleh dominasi ketiga guna - Rajas (Brahma), Satva (Wisnu) dan Tamas (Siwa). Mengenal Dia menjadi nirakara (berbentuk), Sadashiva sebagaimana Dia berada di atas Mode fisik dan mereka adalah MAHeSVARA.

 

Paragraf Kedua


Sugandhim pushtivardhanam ………….

Sugandhim .... mengacu pada aroma bunga yang menyebar ke segala arah, dan dengan cara yang sama Shiva hadir dalam seluruh ciptaan, baik hewan dan benda mati. Dalam semua Bhuta (mode eksistensi), di ketiga guna (sifat penciptaan sebagai Satva, Rajas dan Tamas), dalam sepuluh indriyas (lima gnana-indriyas) atau perasaan dan lima karma-indriyas atau organ kerja, di semua dewa (33 dewa adalah sumber dari semua penerangan dan pencerahan) dan ganas (bala tentara setengah dewa). Shiva ada dan menyebar sebagai menerangi atma (jiwa) dan esensi mereka.

Pushtivardhanam ... dijelaskan sebagai tempat tinggal roh (atman), Purusha Shiva adalah penopang nyata Prakrti. Dimulai dengan Tatva maha (negara primordial materi .. energi) ke bagian-bagian individu dari penciptaan, seluruh kelangsungan makhluk fisik dibuat (baik hidup dengan benda mati) dilakukan oleh binasa Purusha. Anda, saya, Brahma, Wisnu, muni dan bahkan Indra dan dewa dipelihara / dipertahankan oleh Atma dan itu adalah Dia. Karena Purusha (atma - Siwa) adalah pemberi rezeki untuk Prakrti (body / alam), Dia adalah Pushtivardhana.

 

Paragraf ketiga dan keempat


Urvarukamiva bandhanan mrityor mukshiya mamritat ....

Artinya: Prabhu! sama seperti mentimun matang terputus dari belenggu yang menjalar dengan cara yang sama mungkin kita bisa dibebaskan dari kematian demi keabadian (moksha). Rudra deva seperti Amruta (nektar keabadian). Mereka yang menyembah-Nya dengan baik karma, penebusan dosa dan pertobatan, meditasi, renungan, doa atau pujian pasti akan telah memperbaharui kehidupan dan kekuatan. Kekuatan kekuatan kebenaran (dalam mantra) adalah sedemikian rupa sehingga Dewa Siwa pasti akan membebaskan hamba dari belenggu kematian karena Siwa sendiri adalah pemberi belenggu dan moksha.

Berbagai Nama untuk Maha Mrityunjaya Mantra


Maha Mrityunjaya mantra diambil dari Shukla Yajur Veda Samhita (vs.3.60) dan muncul dalam Rig Veda (Buku 7 Mandala, 59 bab). Mantra ini juga disebut mantra Trayambaka. Hal ini ditujukan kepada Trayambaka, bermata tiga, diidentifikasi dengan Shiva. Ini Terjemahan harfiahnya adalah 'Penakluk Kematian' mantra. Hal ini disebut mantra Rudra, mengacu pada aspek marah Siwa; mantra Trayambaka, menyinggung tiga mata Siwa; dan kadang-kadang dikenal sebagai mantra Mrutya-Sanjivini karena merupakan komponen dari praktek-memulihkan kehidupan ke primordial bijak Sukra setelah ia menyelesaikan masa lengkap penghematan. Ia memiliki kekuatan untuk memberikan kembali kehidupan dan penyelamatan dari kematian dan kejahatan besar. Air disucikan dengan mantra ini harus diminum sepanjang waktu.

 

Jantung dari Veda


Mantra maha ini dipuji oleh orang bijak sebagai jantung Veda. Bersama dengan Gayatri mantra itu memegang tempat tertinggi di antara banyak mantra yang digunakan untuk merenung dan meditasi. Siapa saja dapat membaca mantra ini dan mencapai kesehatan yang baik, lepaskan dari perbudakan dan masalah lainnya. Ini adalah obat mujarab terbesar untuk segala kejahatan.

Cahaya dalam Astrologi Veda


Shiva dikatakan memiliki tiga mata. Karena Dia melihat masa lalu, sekarang, dan masa depan secara bersamaan. Dia adalah penguasa tiga dunia - fisik, astral, dan biasa. Dia juga melampaui ketiga guna, satva, rajas dan tamas - atau penciptaan, rezeki dan kehancuran. Seperti kita mengucapkan Maha Mantra ini kita mengidentifikasi dengan Dewa Siwa, mengembangkan sifat-Nya, dan menerima berkat-berkat-Nya.

Dalam Brihat Parashara Hora Shastra, sage Parashara mengatur Maha Mantra ini sebagai langkah perbaikan astrologi pada setidaknya 24 kesempatan terpisah. Di Chp.55 vs.52, katanya, "... .. dengan bacaan (japa) dari mantra maha efek jahat akan bisa dilunakkan (dikurangi) dengan berkat-berkat Tuhan Siwa".

Mrityu berarti Kematian dan Jai berarti Victory. Mrityunjaya berarti Kemenangan atas Kematian. Hal ini dinamakan demikian karena, ketika meneriakkan tulus dengan refleksi yang berarti dapat menyampaikan realisasi sifat penting kami yang berada di luar kelahiran dan kematian. Dengan cara ini, memberikan kita kemenangan atas asumsi yang dipertanyakan dan ketidaktahuan apa akan diri kita. Untuk orang hidup, kematian sudah pasti dan untuk orang mati, lahir pasti terjadi. Sejak kematiannya yang pasti bagi semua makhluk diwujudkan, Bhagavad Gita memerintahkan para manusia untuk bercita-cita pencapaian moksa, setelah itu tidak ada pengembalian atau kelahiran kembali.

Maha Mrityunjaya mantra tidak tergabung dalam sekolah tertentu atau tradisi meskipun diucapkan dalam begitu banyak pusat yoga di dunia. Ada banyak mantra untuk menangkal kejahatan seperti kematian dan penderitaan lain yang diberikan dalam literatur suci Hindu. Mantra ini dari berbagai jenis namun mantra Maha Mrityunjaya telah dipuji dalam literatur suci sebagai yang terbaik.

Dewa Siwa adalah sinar Tuhan yang suci dan murni yang dapat memurnikan apa pun dengan hanya ucapan nama-Nya. Dia adalah Mrityunjaya, yang Pemenang kematian dan penyakit dan pemberi kebebasan dari siklus kelahiran dan kematian. Istilah Shiva adalah pertemuan dua suku kata - 'shi' dan 'va', yang berarti 'penebus dosa' dan 'pembebas penderitaan'. 

Kepada-Nya kita bersujud!

31 komentar:

  1. Balasan
    1. Om namah sivha ya namah swha🙏🙏🙏

      Hapus
  2. Om namah siva ya. Om i namah siva ya.

    BalasHapus
  3. Om namah siva ya. Om i namah siva ya.

    BalasHapus
  4. Terima kasih sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. Gayatri Chandah untuk bergabung dengan Allah
    Ini maksudnya gimana admin...?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. terima kasih banyak atas semua mantra yang di aploud disini ....saya senang sekali atas semua ini....dan saya juga pemuja bliau...sukseme aum namah shivaya

    BalasHapus
  9. Halo admin. Mohon di koreksi ke pada "Gayatri Chandah untuk bergabung dengan .. :

    BalasHapus
  10. Terimakasih atas Tuntunan dan Petunjuknya. Om Namah Shiva Ya.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Apakah bisa dimatrakan setiap,saat:sambil bekerja/sambil melakukan kegiatan sehari-hari?

    BalasHapus