Kamis, 21 Agustus 2014

Shiva Panchakshara Stotram


Shiva-Pancha-Akshara-Stotra
Shiva-Pancha-Akshara-Stotra
Lima-syllable Shiva Mantra
- na-ma-śi-va-ya
{ om namah shivaya }


Shivastotra by Shankara-Acharya



1.      Nagendra Haaraaya Thrilochanaaya
Bhasmaanga Raagaaya Maheshvaraaya
Nityaaya Suddhaaya Digambaraaya
Tasmai Nakaaraaya Namah Shivaaya.
Artinya: Saya menghaturkan salam saya rendah hati untuk Dewa Mahesvara - yang memiliki karangan bunga ular di leher; yang memiliki tiga mata; tubuh yang ditutupi dengan abu (vibhuti); yang abadi; yang murni; yang memiliki seluruh langit sebagai busana-Nya dan siapa yang mewujudkan sebagai huruf pertama Na.

 
2.      Mandaakini Salila Chandana Chaarthitaaya
Nandeesvara Pramatha Naatha Mahesvaraaya
Mandaara Pushpa VAHU Pushpa Supoojitaaya
Tasmai Makaaraaya Namah Shivaaya
Artinya: Saya menghormati Dewa Mahesvara, yang diwujudkan sebagai Makaara (huruf Ma), yang tubuhnya diurapi dengan air suci dari sungai Gangga dan sandal pasta, yang merupakan raja berdaulat Pramatha Ganas dan yang dihiasi dengan bunga-bunga ilahi yang tak terhitung banyaknya seperti Mandaara.
 
3.      Shivaaya Gauri Vadana Aravinda
Sooryaaya Dakshaadhvara Naashakaaya
Sree Neelakantaaya Vrisha Dhvajaaya
Tasmai Shikaaraaya Namah Shivaaya
Artinya: Saya menghaturkan salam saya untuk Dewa Siwa, yang adalah matahari megah untuk lotus wajah ibu Gauri ini (matahari menyebabkan bunga teratai untuk membuka dan mekar; Dewa Siwa membuat wajah ibu Gauri mekar), yang merupakan penghancur ritual pengorbanan Daksa, Dewa yang berleher biru (karena racun Haalahala yang Dia setuju untuk mengkonsumsi), yang menggunakan kain berlambang banteng dan yang diwujudkan sebagai huruf Shi.
 
4.      Vasishta Kumbhodbhava Gautamaaya
Muneendra Devaarchita Sekharaaya
Chandraarka Vaishvaanara Lochanaaya
Tasmai Vakaaraaya Namah Shivaaya
Artinya: Aku bersujud di hadapan Tuhan (Dewa Shiva), yang disembah dan dipuja oleh para orang bijak besar seperti Vashishta, Agastya dan Gautama, yang matanya adalah matahari, bulan dan api dan yang diwujudkan sebagai Vakaara (surat Va).
 
5.      Yajna Swaroopaaya Jataadharaaya
Pinaaka Hasthaaya Sanaatanaaya
Divyaaya Devaaya Digambaraaya
Tasmai Yakaraaya Namah Shivaaya.
Artinya: Aku bersujud kepada Tuhan suci yang merupakan inkarnasi Yaksa, yang rambut panjang dan kusut, yang memegang Pinaaka (trisula) di tangan-Nya, yang memiliki seluruh langit sebagai pakaian-Nya dan yang diwujudkan sebagai huruf Ya.
 
6.      Panchaaksharam Idam Punyam
Yah Pateh Shiva Sannidhau
Shivaloka Mavaapnothee
Shivena Saha Modate
Artinya: Barangsiapa mengulangi doa ini terdiri dengan lima huruf kudus di hadapan Dewa Siwa, maka akan mencapai tempat tinggal tertinggi Nya dan menikmati berkah yang kekal.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar