Rabu, 27 Agustus 2014

Ashtakam


Istilah Ashtakam (Sansekerta: अष्टकम् aṣṭakam), juga sering ditulis 'astakam', berasal dari kata Sansekerta: aṣṭā, yang berarti "delapan". Dalam konteks komposisi puitis, 'Ashtakam' mengacu pada bentuk tertentu dari puisi, yang ditulis dalam delapan bait.


Bentuk
 
Bait dalam "Ashtakam" adalah kuartet berima dengan empat baris, yaitu garis akhir sajak sebagai a-a-a-a. Dengan demikian, dalam Ashtakam umumnya tiga puluh dua baris dipertahankan. Semua bait ini mengikuti skema sajak yang ketat. Skema sajak yang tepat untuk astakam adalah: a-a-a-a / b-b-b-b ... .. (/ mewakili sebuah bait baru). Desain sajak keduanya telinga-sajak dan mata-sajak. Telinga-sajak di mana huruf akhir sajak dalam suara dan kemampuan mendengar, dan mata-sajak di mana huruf akhir tampak mirip. Urutan sajak ini menetapkan struktur biasa astakam tersebut. astakam sajak terdiri dari identik ("keras-sajak") atau setara ("soft-sajak") suara ditempatkan di lokasi diprediksi, biasanya ujung baris untuk sajak eksternal atau dalam baris untuk rima.

Bahasa Sansekerta pameran kekayaan yang tinggi dalam mempertahankan struktur berima. Jadi ashtakams Sansekerta mampu membawa seperangkat terbatas sajak seluruh komposisi panjang.

Beberapa kali dalam Ashtakam, kuatrain (set empat baris) menyimpulkan tiba-tiba atau dalam kasus lain, dengan kuplet (sepasang garis). Di dalam tubuh kuatrain penyair menetapkan tema dan kemudian dapat mengatasinya dalam garis akhir, yang disebut kuplet, atau mungkin meninggalkan mereka terpecahkan. Kadang bait akhir mungkin berisi identifikasi diri penyair. Struktur ini juga terikat oleh aturan meter untuk meningkatkan kesesuaian untuk resital dan bernyanyi klasik. Namun, ada beberapa ashtakams yang tidak sesuai dengan struktur biasa.


Sejarah

Konvensi yang terkait dengan Ashtakam telah berkembang selama sejarah sastra yang lebih dari 2500 tahun. Salah satu penulis Ashtakam paling terkenal adalah Adi Sankaracharya, yang menciptakan siklus Ashtakam dengan sekelompok ashtakams, diatur untuk mengatasi dewa tertentu, dan dirancang untuk dibaca baik sebagai kumpulan puisi individu menyadari sepenuhnya dan sebagai karya puitis tunggal yang terdiri dari semua ashtakams individu. Dia menulis lebih dari tiga puluh astakams di stuti [dedikasi] untuk berbagai dewa.

Ashtakams yang genre yang sangat populer dan diterima secara umum puisi renungan dan umum selama periode keemasan sastra Sansekerta, dan juga bahwa dari Veda India Sastra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar