Selasa, 18 April 2017

Nyanyian Dharma (1998)

Om Swastiasu,

Hari-hari belakangan selain disibukan oleh kerjaan di kantor, saya juga lagi mengumpulkan lagu-lagu Pop dan lagu-lagu Religius yang bernuansakan Hindu, khususnya yang berbahasa Indonesia. Kalau yang berbahasa India / Inggris sih sudah banyak beredar dan sangat mudah didapatkan di Youtube.

Dibandingkan dengan agama lain, lagu-lagu kerohanian / pop (yg berbahasa Indonesia) yang bertemakan Dharma (Hindu) sangat jarang bahkan susah untuk didapatkan. 

Nah, saya akhirnya berhasil mengumpulkan beberapa Album Pop yg bertemakan Hindu yang akan saya bagi dalam beberapa postingan.

Mari kita mulai dengan.....


NYANYIAN DHARMA


Konsep kolaborasi artis dalam Nyanyian Dharma merupakan salah satu aktivitas pelestarian nilai- nilai luhur Hindu dalam bingkai kekinian dimana dalam era keterbukaan perlu dibuat sebuah kemasan penyesuaian yang dapat menjadi pembelajaran kepada umat Hindu terutama Generasi Muda.


Artis Hindu yang telah sukses dan berprestasi di tingkat nasional satu persatu mulai bermunculan, dan mereka memiliki keinginan yang kuat untuk membuat suatu hasil karya persembahan untuk dinikmati oleh seluruh lapisan umat Hindu khususnya dan pecinta seni pada umumnya dengan konteks beryadnya. Dewa Budjana dan kawan - kawan ingin mengekspresikan berbagai mantra Veda di dalam alunan lagu dan musik modern yang dikemas dalam album Nyanyian Dharma.


Di tahun 1998, Dewa Budjana merilis album rohani Hindu lewat label independen. Album yang berjudul Nyanyian Dharma 1 itu digarap oleh Budjana dan para musisi asal Bali. Boleh dibilang ini adalah langkah awal menuju karya rohani selanjutnya. Nyanyian Dharma 1 mendapat sambutan luar biasa dari umat Hindu. Alunan musik dengan konsep modern ini memberikan suasana baru bagi pendalaman spritual melalui alunan musik dengan penuh makna.

Daftar Lagu:

  1. Panganjali ( voc. Agus Suhardhana )
  2. Sang Rsi ( voc. Agus, Ika, Sandrina M.,Bayu Suta )
  3. Tri Murti ( voc. Ayu Paramitha )
  4. Tat Twam Asi ( voc. I.A. Khrisna Dewi )
  5. Karmapala ( voc. I.B. Bayu Suta )
  6. Tri Murti (English - voc. Ida Ayu Mira S & Ida Bagus Giri )
  7. Nyepi ( voc. Komang & Sandrina Malakiano )
  8. Galungan ( voc. Riana & Ade )



Video Clip




Tidak ada komentar:

Posting Komentar