Selasa, 17 Januari 2017

Shree Rudraashtak Stotram


SHREE RUDRAASHTAK STOTRAM

Shree Rudraashtak Stotram adalah nyanyian delapan kali dibacakan oleh Brahma untuk menyenangkan Shiva. Mantra ini dapat digunakan oleh siapa saja untuk mendapatkan berkat dari Dewa Siwa.

1. Namaam-Iisham-Iishaana Nirvaanna-Ruupam
Vibhum Vyaapakam Brahma-Veda-Svaruupam
Nijam Nirgunnam Nirvikalpam Niriiham
Cidaakaasham-Aakaasha-Vaasam Bhaje-[A]ham
Artinya: Aku Salute kepada Tuhan Ishana. Ini adalah Bentuk yang mewakili keadaan Nirvana tertinggi. Ini adalah bentuk yang memanifestasikan esensi Dia meresapi di mana saja dan Tuhan merupakan perwujudan Pengetahuan tertinggi dari Brahman hadir dalam inti Weda. Dia yang tetap diserap dalam diri-Nya sendiri yang berada di luar ketiga guna. Selain perubahan dan beranekaragam, dan yang bebas dari setiap gerakan. Aku menyembah Ishana, yang berdiam di langit spiritual.



2. Niraakaaram-Ongkara-Muulam Turiiyam
Giraa-Jnyaana-Go-[A]tiitam-Iisham Giriisham
Karaalam Mahaakaala-Kaalam Krpaalam
Gunna-[A]agaara-Samsaara-Paaram Nato-[A]ham
Artinya: Aku tunduk kepada Tuhan tertinggi yang merupakan sumber tanpa bentuk "OM" Inti Segala, melampaui semua kondisi dan negara. Selain berbicara, Dia mengerti persepsi akal. Mengerikan, tapi ramah, penguasa Kailash, Devourer of Death, tempat tinggal abadi segala kebajikan.

3. Tussaara-Adri-Samkaasha-Gauram Gabhiram
Mano-Bhuuta-Kotti-Prabhaa-Shrii Shariiram
Sphuran-Mauli-Kallolinii Caaru-Ganggaa
Lasad-Bhaala-Baale[a-I]ndu Kanntthe Bhujanggaa
Artinya: Saya memberikan salam kepada Sri Rudra, yang bersinar putih menyerupai gunung salju; dan Dia berada jauh di dalam pikiran dalam Jutaan Sinar Kemegahan, yang mengekspresikan Tubuh Kejayaan Nya. Diatas kepala Nya, sungai Gangga yang Indah berdenyut dan berlonjak keluar menuju alam. Bulan baru terbit bersinar di Dahinya menyebarkan sinarnya dan Leher Nya menghiasi Ular yang indah.

4. Calat-Kunnddalam Bhruu-Sunetram Vishaalam
Prasanna-[A]ananam Niila-Kannttham Dayaalam
Mrga-Adhiisha-Carma-Ambaram Munndda-Maalam
Priyam Shangkaram Sarva-Naatham Bhajaami
Artinya: Yang dicintai Penguasa dari Semua, dengan liontin berkilauan tergantung dari telinganya, alis yang indah dan mata yang besar, penuh Welas Asih dengan wajah yang ceria dan setitik biru di lehernya. Aku Menyembah-Nya Siapa yang dikasihi Pemuja-Nya, Dia adalah Shankara, Tuhan dari Semua.

5. Pracannddam Prakrssttam Pragalbham Pare[a-Ii]sham
Akhannddam Ajam Bhaanu-Kotti-Prakaasham
Tryah-Shuula-Nirmuulanam Shuula-Paannim
Bhaje[a-A]ham Bhavaanii-Patim Bhaava-Gamyam
Artinya: Aku menyembah Shankara, Bhavani suami. Saya tunduk pada yang sengit, dimuliakan, bercahaya dan tertinggi Dewa Siwa. Terpisahkan, yang belum lahir dan bercahaya dengan kemuliaan sejuta matahari; Yang, memegang trisula, air mata keluar akar dari penderitaan tiga kali lipat, dan yang dicapai hanya melalui Cinta.

6. Kalaatiita-Kalyaanna Kalpa-Anta-Kaarii
Sadaa Sajjana-[A]ananda-Daataa Pura-Arii
Cid-Aananda-Samdoha Moha-Apahaarii
Prasiida Prasiida Prabho Manmatha-Arii
Artinya: Salam untuk Sri Rudra, siapa yang Menguntungkan Alam yang Melampaui Elemen dunia material kasar dan Dia yang Membawa berakhirnya siklus penciptaan ketika semua elemen kotor dilarutkan. Dia adalah orang yang selalu memberi kepada orang-orang yang bijaksana dan merupakan perusak Adharma. Dengan mengambil Khayalan besar, Dia menerjunkan Jiwa disiapkan ke dalam Kepenuhan Kasih dari Cidananda ( Kasih Sayang Tuhan atau Kesadaran Murni). Oh Engkau, lambang kehancuran dari Manmatha; mohon murah hati pada hamba, mohon murah hati pada hamba, ya Tuhan.

7. Na Yaavad Umaa-Naatha-Paada-Aravindam
Bhajanti-Iha Loke Pare Vaa Naraannaam
Na Taavat-Sukham Shaanti Santaapa-Naasham
Prasiida Prabho Sarva-Bhuuta-Adhi-Vaasam
Artinya: Oh Tuhanku, Dewi Uma, selama Anda tidak disembah, tidak ada kebahagiaan, kedamaian atau kebebasan dari penderitaan di dunia ini ataupun hari berikutnya. Anda yang tinggal di hati semua makhluk hidup, dan di dalam Dia semua makhluk memiliki keberadaan mereka, Kasihanilah hamba, ya Tuhan.

8. Na Jaanaami Yogam Japam Naiva Puujaam
Natoham Sadaa Sarvadaa Shambhu-Tubhyam
Jaraa-Janma-Duhkhau-[A]gha Taatapyamaanam
Prabho Paahi Aapanna-Maam-Iisha Shambho
Artinya: Ya Tuhanku, Hamba tidak tahu bagaimana melakukan Yoga, Japa atau Puja. Aku senantiasa dan setiap saat hanya memuja Anda, Oh Shambhu. Mohon melindungi hamba dari Duka Lahir dan Umur tua, serta dari dosa-dosa yang menyebabkan Penderitaan. Lindungilah hamba ya Tuhan dari penderitaan, melindungi hamba Ya Tuhanku, Shambhu.

9. Rudraastak Midam Proktam. Vipreyn haratoshyey,
Yey pathanti paraa bhaktayaa. Teyshaam Shambhu Praseedati.
Artinya: Rudrashtaka ini (delapan ayat dalam pujian dari Rudra) telah Dikatakan (yaitu terdiri) oleh yang bijaksana untuk Menyenangkan Hara (nama lain dari Sri Shiva). Mereka Orang yang Membaca ini dengan Pengabdian, bersama mereka Sri Shambhu akan senantiasa senang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar